Jumat, 04 Juni 2010

Perawatan Bagi Rambut Bergelombang

Apakah Anda salah satu wanita yang dikaruniai jenis rambut bergelombang? Nah bersyukurlah karena jenis rambut seperti milik Anda jadi favorit para penata rambut. Pasalnya karena teksturnya mudah dibuat lurus atau sebaliknya, diubah menjadi ikal sehingga penata rambut tak dibuat repot oleh rambut "yang membandel". Agar rambut bergelombang milik Anda tampil cantik, ada beberapa kiat yang dapat dicoba.

Guntingan yang disarankan
Agar memudakan Anda menata rambut bergelombang, sebaiknya rambut dengan tekstur ini digunting dengan peipisan di bagian ujung-ujungnya. Ini untuk menghindari rambut ikal menjadi menggelembung. Guntingan gaya layer atau trap juga disarankan untuk "meringankan" tampilan rambut bergelombang (terutama untuk rambut bergelombang yang tebal dengan tekstur kasar). Namun, tekankan pada penata rambut Anda untuk tidak menggunting layer-nya terlalu pendek.

Untuk Anda yang menginginkan rambut pendek, sebaiknya mencoba gaya bob tak beraturan (shaggy) dengan ujung-ujung rambut yang ditipiskan, seperti gaya rambut Meg Ryan. Minta penata rambut Anda memperhatikan layer di bagian wajah agar gelombang rambut dapat ditata membingkai wajah.

Yang tidak disarankan : Hindari gaya rambut sam panjang atau tanpa layer. Juga, hindari layer yang terlalu pendek atau poni lurus melintang di dahi. Jika ingin memiliki poni sebaiknya minta penata rambut untuk membentuk poni panjang dengan belahan samping.

Produk yang disarankan :
- Sampo yang lembut
- Pelembap rambut (kondisioner) ringan.
- Styling foam atau styling mousse ringan.
- Serum

Yang tidak disarankan :
- Styling gel karena terlalu berat untuk rambut berombak.
- Penambah volume karena rambut berombak biasanya sudah cukup tebal, kecuali jika rambut berombak tersebut tipis dan lemas.

Perawatan dan penataan yang disarankan
Keramaslah dengan sampo yang lembut dengan kandungan pelembap yang banyak (biasanya sampo untuk rambut ikal atau sampo untuk rambut diwarnai). Selanjutnya diikuti dengan kondisioner ringan.

Kemudian keringkan dengan menekan-nekankan (bukan menggosok-gosok) rambut dengan handuk. Ikuti dengan menggunakan serum di seluruh bagian rambut dan sedikit styling foam ringan. Untuk rambut bergelombang yang sangat tebal ganti styling foam dengan krim pembentuk ikal. Remas-remas rambut dan pilin beberapa bagian dengan jari kemudian keringkan secara alami atau dengan menggunakan pengering rambut yang memiliki corong.

Pada beberapa bagian rambut yang terlihat sedikit berantakan, gulung bagian tersebut dengan catok ikal selama beberapa saat. Cara praktis lainnya adalah menggunakan campuran serum dan krim pembentuk ikal ke seluruh rambut kemudian pilin dan gulung rambut menjadi sanggul cepol. Setelah benar-benar kering buka gulungannya, dan dapatkan gelombang rambut yang terbentuk rapi.

Yang tidak disarankan

* Menggunakan kondisioner yang terlalu berat karena akan membuat rambut bergelombang lepek dan kehilangan bentuk gelombangnya.

* Menyisir rambut sesudah kering karena akan membuatnya berantakan dan gelombangnya hilang (kecuali jika sebelumnya Anda sudah memblow lurus rambut).

[Pada dasarnya, rambut bergelombang teksturnya mendekati rambut ikal. Karenanya Anda dapat menggunakan produk rambut ikal pada rambut bergelombang. Jika rambut gelombang Anda tergolong tipis dan lemas, gunakan produk penambah volume dan serum sedikit saja. rambut bergelombang cenderung tidak mengilap, untuk itu disarankan menggunakan semprotan pengilap.


sumber: astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar