Senin, 22 Maret 2010

Ice Cream Ubi Jalar

Es Krim dari ubi jalar? Menurut pakar Ilmu Pangan IPB, Sutrisno Koswara, ketika ditemui Pembaruan di ruang kerjanya, ubi jalar (Ipomea batatas) bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari menu sarapan pagi (sweet potato flakes), kue kering, bahkan es krim. "Mengapa tidak bisa? Ubi jalar kan bisa dijumpai di mana saja? Ini mungkin terobosan baru dalam pembuatan es krim," jelas dia.

Sutrisno mengatakan, masyarakat masih banyak yang tidak tahu bahwa ubi jalar yang selama ini diasosiasikan sebagai makanan kelas dua dan hanya dikonsumsi oleh penduduk desa ternyata bisa diolah menjadi makanan yang bernilai jual tinggi untuk golongan menengah ke atas.

"Persepsi itu yang mungkin bisa kita ubah. Misalnya, masyarakat kita terbiasa dengan corn flakes. Ternyata ubi juga bisa dijadikan sarapan pagi. Rasanya ternyata lebih enak dibandingkan corn flakes. Kita menyebut sweet potato flakes. Begitu juga dengan es krim. Tentu saja warnanya tergantung ubi jalarnya. Tidak perlu flavor buatan. Ubi jalar itu harus dibuat tepung ubi jalar instan (mashed sweet potato) dulu untuk es krim," jelas dia.

Tingginya vitamin yang dihasilkan pada ubi jalar membuat para peneliti IPB mengembangkan makanan dengan ciri khas makanan asli masyarakat Indonesia. Sebut saja betakaroten. "Ternyata, ubi jalar mengandung kadar betakaroten yang tinggi dan itu penting untuk mengatasi defisiensi vitamin A yang kerap dijumpai pada masyarakat pedesaan," kata dia.

Selain itu, ubi jalar juga bisa dijadikan obat karena mengandung probiotik. "Probiotik ini penting sekali karena sebagai pakan mikroba di dalam usus sehingga pencernaan akan menjadi sehat," jelasnya.

Ketika ditanyakan apakah masyarakat luas bisa menikmati produk-produk alternatif makanan berbahan baku ubi jalar, Sutrisno menjelaskan, untuk sweet potato flaker masyarakat sudah bisa menikmatinya.

Namun, produk itu belum banyak karena masih diproduksi IPB dalam skala kecil. "Kalau untuk es krim, kita belum buat dalam skala besar. Tapi kalau ada yang mau mencicipinya bisa datang ke IPB. Mungkin, tahun depan es krim ubi jalar sudah bisa dipasarkan luas. Sudah ada perusahaaan besar yang tertarik dengan temuan kami," ucapnya.


sumber: http://www.situshijau.co.id/tulisan.php?act=detail&id=381&id_kolom=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar