Selasa, 16 Maret 2010

Siapa Penemu Ice Cream Cone??

Ada banyak kontroversi seputar siapa sebetulnya yang pertama kali menemukan es krim cone. Juga, dimana es krim cone pertama kali tepatnya ditemukan? Salah satu hasil penelitian menyebutkan, cone pertama bukan ditemukan di Amerika, melainkan di benua Eropa. Cone metal dan kertas sudah digunakan di Perancis, Inggris, dan Jerman sebelum abad ke-19. Para pendatang di Dusseldorf, Jerman, diberitakan sudah mulai menikmati es krim cone pada akhir 1800-an.

Sebelum ditemukan cone, es krim dinikmati dengan gelas kecil atau dibungkus dengan kertas yang disebut “hokey pokey”. Pembeli akan menghabiskan es krim dalam gelas, kemudian mengembalikan gelas tadi ke penjual. Gelas ini kemudian dipakai lagi untuk pembeli berikut. Gampang ditebak, cara ini menimbulkan masalah sanitasi yang serius. Sialnya, seringkali si penjaja es krim tak punya cukup waktu untuk mencuci gelas bekas pakai tadi akibat antrean pembeli, khususnya di musim panas.

Es krim cone juga dikenal sebagai “toot” yang berasal dari kata Italia “tutti” atau “semua.” Artinya, penikmat es krim dipaksa menghabiskan “semuanya,” es krim plus cone-nya. Es krim cone juga disebut dengan ”wafers,” ”oublies,” ”plaisirs,” ”gaufres,” ”cialde,” ”cornets,” dan ”cornucopias.”


sumber:

http://restomesin.wordpress.com/2008/09/16/penemu-es-krim-cone/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar