Senin, 05 April 2010

Serba Coklat

Peralatan Untuk Membuat Cokelat

Panci Tim

Sistem dua tingkat untuk melelehkan cokelat, isi, atau saus lezat tanpa kontak langsung denagn panas.Mangkuk atau panci tahan panas ditaruh diatas panci saus yang berisi air panas setengahnya.Hati-hati, air jangan sampai naik lebih tinggi dari bagian bawah mangkuk atau panci berisi cokelat.

Bain-marie/Panggang air

Bejana metal berisi air panas setengahnya, di dalamnya ditaruh mangkuk-mangkuk berisi cokelat atau adonan isi untuk dimasak atau dilelehkan perlahan.

Mangkuk Kecil Tahan Panas

Untuk melelehkan cokelat dalam wajan.

Termometer

Resep tertentu, seperti fondant, praline, dan fudge, memerlukan kontrol suhu yang cermat.Pakailah termometer permen karena dapat mengukur suhu tinggi yangdiperlukan dalam pembuatan cokelat.

Tongkat dan Sendok Pencelup

Dipakai untuk mencelupkan potongan buah atau kacang-kacangan ke dalam cokelat leleh untuk melapisnya.

Minyak dan Ekstrak

Cokelat umumnya hnya dapat diberi citarasa dengan bahan yang terbuat dari minyak dan ekstrak, karena segala jenis air yang ditambahkan ke dalam cokelat leleh hanya akan merusak penampilan , rasa dan kekentalannya.

Pewarna

Ingatlah, hanya pewarna dari bahan minyak yang boleh dipakai untuk mewarnai cokelat.Kuas yang halus sangat penting untuk memberi efek warna yang bagus.

Cetakan

Sekarang tersedia berbagai jenis cetakan sehingga anda dapat membuat cokelat sendiri berbentuk kerang, hati, lonceng, atau bunga.Pakailah cetakan cokelat model lama yang sudah biasa.Untuk hasil yang terbaik, lihat resep mencetak cokelat.


sumber:http://www.icecreamkoel.com/coklat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar