Kamis, 20 Mei 2010

5 Tips Redakan Ketegangan Tubuh

Umumnya orang yang bekerja terlalu keras atau workaholic cenderung kurang memperhatikan kesehatan, karena itu berbagai gejala seperti sakit punggung, nyeri pada tangan, sakit kepala dan berbagai keluhan lainnya kerap mereka rasakan. Sebetulnya dengan mengubah pola gaya hidup dan lebih memperhatikan kesehatan harus dilakukan oleh mereka yang workaholic, namun ternyata ada beberapa treatment yang dapat diterapkan untuk mengurangi berbagai keluhan yang muncul. Yuk kita ikuti..

1. Perhatikan Postur Tubuh
Menurut riset, tubuh sebaiknya diupayakan tetap dalam posisi rileks namun tegak sewaktu duduk. Sandaran punggung sebaiknya dapat menahan lekukan pada punggung bagian bawah. Sudut paha dan pinggul harus 90 derajat atau lebih. Sesuaikanlah ketinggian kursi agar telapak kaki dapat berpijak penuh di atas lantai. Gunakanlah alat penopang kaki kalau Anda tidak sanggup menyesuaikan kursi agar kaki dapat tetap berpijak.

2. Lindungi Leher
Menurut anjuran pakar, kepala dan leher sebaiknya tetap berada pada posisi netral sedapat mungkin. Kalau tidak, Anda akan menderita sakit kepala atau sakit bahu. Apabila Anda bekerja di depan komputer, dagu harus sejajar dengan bagian tengah layar monitor atau dengan bahan yang diketik. Kalau data tersebut adalah bahan cetakan, hindarilah untuk menggerak-gerakkan leher ke bawah atau ke samping. Karena itu, alat penjepit yang ditempelkan pada monitor dapat digunakan untuk menaikkan data tersebut agar sejajar dengan pandangan mata.

3. Regangkan Tubuh
Duduk di depan komputer atau melakukan gerakan-gerakan yang sama, seperti mengetik, dapat mengakibatkan otot tegang. Dalam jangka panjang, ini bisa mengganggu gerakan biasa sehari-hari. Karena itu, pakar menganjurkan agar Anda melakukan beberapa kali gerakan peregangan sederhana setiap dua jam.

4. Rengangkan Punggung dan Jari-Jari
Untuk menghilangkan rasa tegang pada leher, gerakkanlah kepala dengan pelan-pelan dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Sambil duduk, lakukanlah gerakan peregangan punggung bagian bawah dengan pelan-pelan membengkokkan lutut dan menyentuh lantai. Lakukanlah juga peregangan jari dan tangan dengan membuka serta menutupnya sebanyak 10 kali, sambil menyibakkan jari-jari dengan lebar.

5. Makanlah Makanan Bergizi Agar Tubuh Lebih Sehat
Pastikanlah bahwa Anda minum cukup banyak air. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman berkarbonat atau kafein, karena jenis ini akan mengganggu tubuh dan mengakibatkan dehidrasi. Makanlah buah, sayuran rebus, atau daging tanpa lemak dan hindari permen. Permen akan meningkatkan gula darah dengan cepat, sehingga mengganggu kesehatan tubuh sendiri.

sumber : astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar