Sabtu, 29 Mei 2010

Bila Pasangan Dilanda Cemburu

Bagi sebagian orang, cemburu berarti pertanda cinta, namun bagi sebagian lainnya, cemburu bisa jadi adanya "gangguan" dalam hubungan asmara. Nah, bagaimana menyiasati pasangan yang sedang dilanda cemburu?

Penting untuk mengetahui dan menyiasati pasangan yang sedang dilanda cemburu. Salah penanganan, bukan tak mungkin masalah akan bertambah panjang. Karena itu coba deh simak beberapa tips berikut..

• Ajak pasangan berdiskusi
Bila sudah kelewat Batas, bukalah komunikasi. Diskusikan apa yang membuat pasangan cemburu dan jelaskan kepadanya bahwa cemburu bukan sesuatu yang memalukan. Bahkan kecemburuan itu merupakan emosi alamiah yang dapat menuntun Anda dan pasangan ke jalan kebahagiaan. Dengan berdiskusi dan membicarakannya secara terbuka, Anda tak hanya akan memperoleh perspektif tentang diri Anda, tapi juga dapat mengingat dan menghargai hal-hal hebat yang Anda miliki dalam hidup.

• Buka diri
Anda juga harus membuka diri, karena bisa saja pemicu kecemburuan pasangan bersumber dari Anda yang kurang memberikan perhatian dan cinta. Kesibukan di kantor dan aktivitas di luar rumah, menyebabkan Anda melupakan kepentingan pasangan sehingga memantik api cemburu. Jangan pernah merasa gengsi untuk mengakui kesalahan di hadapan pasangan. Berikan rasa aman, nyaman dan perasaan dihargai kepada pasangan Anda.

• Evaluasi
Lakukan evaluasi dalam hubungan Anda, jangan-jangan pemicunya lantaran keadaan masing-masing dalam kondisi stagnan. Tak pernah ada peningkatan kualitas hubungan, secara fisik maupun emosional. Akibatnya, pasangan menjadi uring-uringan karena merasa terabaikan. Suasana hati yang kurang nyaman dalam diri pasangan akibat kurangnya waktu untuk berduaan juga dapat menjadi pemicu kecemburuan. Penelitian yang pernah dilakukan seorang psikolog di Amerika menunjukkan bahwa semakin jarang pasangan berkencan, semakin tinggi pula tingkat stres pasangan tersebut.

• Ajak pasangan berkencan
Ada baiknya, Anda dan pasangan meluangkan waktu untuk menyempatkan diri merencanakan kencan berdua. Kegiatan ini niscaya akan menambah rasa bahagia Anda berdua serta membuat pasangan merasa tak terabaikan lagi. Ciptakan kehangatan dan Anda bisa memulainya dengan mencurahkan perhatian dan pujian. Dengan demikian, Anda mampu meletakkan kebutuhan pasangan di atas kepentingan Anda sendiri.

Bagi sebagian pasangan, kecemburuan menjadi sesuatu yang berbahaya dan dapat menimbulkan pertengkaran hebat hingga kekerasan dalam rumah tangga. Kecemburuan hebat atau yang sudah menjadi penyakit kerap kali mendorong penderitanya terus merasa terdorong untuk mengawasi pasangannya, memeriksa pakaian atau malah datang ke tempat Anda bekerja secara mendadak dan terus-menerus menginterogasi Anda. Penderita menjadi begitu terobsesi dengan bayangan perselingkuhan yang dilakukan pasangannya sehingga membuat hidupnya lebih merana.

Jika terjadi hal seperti ini, jalan keluar yang terbaik adalah mengajak pasangan ke psikiater untuk mengatasi masalahnya yang berkaitan dengan rendahnya percaya diri dan pemikiran yang irasional. Rayulah dan yakinkan pasangan bahwa ini adalah masalah bersama. Pastikan Anda tidak membuatnya menjadi seorang pesakitan.

Mudah-mudahan tips ini dapat membantu Anda terlepas dari masalah cemburu.


sumber: astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar