Kamis, 06 Mei 2010

Wanita Sibuk Beresiko Tinggi Terserang Gangguan Jantung

Untuk Anda wanita karier yang mulai kewalahan menghadapi beban pekerjaan, waspadalah. Penelitian menemukan gangguan jantung sedang menghantui, sekalipun Anda masih berusia muda.

stressPenelitian yang dilakukan oleh Glostrup University Hospital, Denmark, menemukan wanita yang mengeluh bekerja di bawah tekanan 50 persennya menderita gangguan jantung. Persentase jauh menurun untuk wanita yang dapat mengendalikan ritme pekerjaan.

Secara tradisional gangguan jantung merupakan momok bagi kaum pria karena kebanyakan ritme pekerjaan mereka tinggi. Namun penelitian ini mengungkap kaum wanita, bahkan wanita muda punya peluang yang sama untuk berakhir di unit koroner.

Studi yang dipublikasikan di Journal Occupational and Environmental Medicine meneliti 12.116 perawat dengan rentang usia 45-64 yang dimulai tahun 1993, dan dipantau selama 15 tahun.

Hasilnya tahun 2008, sebanyak 580 wanita tersebut pergi ke rumah sakit karena gangguan jantung. 138 diantaranya mengalami serangan jantung, 369 mengalami Angina Pektoris (Angin duduk), dan 73 mengalami gangguan jantung lain.

Faktor terkuat mengapa gangguan jantung juga menyerang wanita muda adalah beban pekerjaan yang berpengaruh pada kesehatan. Logikanya jika wanita merasa stres di tempat kerja, gaya hidup menjadi tidak sehat, seperti kurang tidur, makan tidak teratur, tidak ada waktu untuk olahraga, yang memicu terjadi obesitas, atau diabetes.

Jika wanita yang lebih tua resikonya menurun karena biasanya mereka sudah pensiun atau menyerah pada tekanan pekerjaan.

Ambisi dalam karier sah-sah saja. Tapi imbangi dengan menyayangi tubuh dengan menjaga kesehatannya. Tidak enak kan jika anda kaya hanya untuk pengobatan jantung?

sumber: astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar