Senin, 31 Mei 2010

Penyebab Aroma Kaki Tak Semerbak

Pernah memiliki masalah bau kaki? Biasanya bau kaki baru tercium setelah penderitanya melepas alas kaki yang mereka kenakan. Lalu apa ya penyebabnya?

Mau disebut kaki bau atau bau kaki nasibnya tetap sama: tidak boleh jempol kaki selonjor di depan hidung orang kalau tidak ingin langsung ditonjok atau bikin yang termenung di dekat kita mendadak jatuh pingsan.

Sungguh kaki bau menebar bau yang luar biasa, bukan sembarang bau. Namun, jangan pernah bercita-cita ingin tahu sensasi bau kaki jika sampai sekarang belum pernah punya pengalaman tentang cita rasa yang konon baunya tak terperi itu.

Hanya si pemiliknya tentu saja, yang tahu persis setinggi apa kaliber bau kaki. Satu hal sudah pasti, sekalipun bau kaki mungkin bisa membangunkan orang yang sedang pingsan, namun tidak boleh dipakai buat obat mabuk kalau tak ingin bikin orang malah tambah mabuk.

Memang bukan salah bunda mengandung kalau diberi bakat berkaki bau. Tak ubahnya dengan ketiak, kulit kaki juga bisa basah berpeluh dan berbau. Ada peluh jinak, ada peluh aujubilah. Peluh aujubilah ini yang rajin menyimpan bau jika berlebihan dan kaki dikeramasi hanya kalau habis gajian saja.

Suratan kaki bau hanya milik orang-orang tertentu yang peluhnya tergolong buas. Selain berlimpah, warna dan kaliber baunya spesifik dan istimewa, seperti ihwalnya bau badan. Ada bau kesturi, apek, anyir, atau jenis bau yang sudah ingin berkata jujur pun masih tetap tak terlukiskan dengan kata-kata. Ada yang bilang baunya kayak gombal basah yang tidak dicuci-cuci seminggu.

Entah seperti apalah baunya, yang pasti merisaukan bukan saja pemiliknya, melainkan juga pasangan hidup dan orang-orang serumah tentu. Baru pulang kerja, "bau semerbak" itu langsung datang. Lagi hubungan intim di kamar tidur, bau itu merusak emosi sensual. Apalagi kalau baru pulang dari main sepakbola, jangan langsung membuka sepatu kalau gasnya tidak mau sampai menyerang hidung.

Selain kaya akan peluh, kaki berbau juga sebab ada penyakit di kulit kaki. Kulit kaki yang senantiasa basah oleh peluh selalu mengundang kuman. Kuman tertentu memproduksi bau jika sepatu juga tidak kering dan kaus kaki diganti cuma kalau malam minggu.

Jamur kulit juga sering hinggap di sela jemari kaki. Baunya sama tak sedap. Pengidap foot odor dengan jamur kaki, baunya menjadi super.


sumber: astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar