Selasa, 25 Mei 2010

Banyak Kuman di Meja Kerja Perempuan

Kalau diperhatikan mungkin meja kerja rekan kerja perempuan lebih bersih dari pada meja karyawan pria. Namun ternyata kuman di meja kerja wanita lebih banyak lho daripada di meja kerja pria. Wah.. Kok bisa ya?

meja kerjaMenurut Professor Charles Gerba dari Universitas Arizona yang mengatakan dalam studinya, minimal tiga sampai empat jenis bakteri dijumpai di meja kerja, gagang telepon, komputer, keyborad, laci, dan pernak-pernik lainnya di meja kerja.


Dalam studinya, Gerba yang merupakan pakar lingkungan ini meneliti sekitar 100 kantor di kampus-kampus yang tersebar di New York, Los Angeles, San Francisco, Oregon dan Washington, D.C, dan menelan biaya sekitar 40,000 dollar Amrika, yang semuanya dibiayai oleh Clorox Co.


"Aku rasa lelaki lebih rentan terkena serangan kuman. Namun perempuan cukup sering berinteraksi dengan anak-anak dan terbiasa menyimpan makanan di laci mereka, daan juga kotak kosmetik," papar Gerba.


"Meja perempuan selalu terlihat lebih rapi dan bersih, namun pernak-pernik yang ada di meja mereka cenderung kurang diperhatikan, seperti kosmetik, hand lotions, yang mempermudah berpindahnya bakteri."

"Kotak make-up juga rentan menjadi tempat tumbuhnya bakteri, begitu halnya telepon, dompet dan laci meja kantor."

Beragam makanan dan cemilan yang ada di laci meja kantor juga menjadi sarang berkembangnya mikroorganisme, sayangnya hal tersebut jarang diperhatikan.

Gerba menemukan sedikitnya 75 persen perempuan memiliki cemilan di laci meja kantor mereka.

"Sangat mengejutkan begitu banyak makanan di laci meja kerja pegawai perempuan. Jika ada bencana kelaparan, laci meja wanita pasti jadi tujuan utama yang akan aku cari," kelakar Gerba.

Sementara pada lelaki, Gerba menyebut dompet sebagai barang yang paling disukai bakteri, karena bagian belakang dompet yang bersuhu hangat menjadi 'rumah idaman' bakteri untuk berkembang biak.


Selain dompet, gadget seperti personal digital assistant (PDA) juga menjadi sarang favorit kuman untuk berkembang.

Hampir sebagian besar lelaki sangat menyukai bermain video game. Dan tanpa mereka sadari perangkat yang mereka pegang selama berjam-jam telah menjadi sarang berkembangnya kuman.

Begitu halnya dengan bangku kantor yang ternyata memiliki kuman 400 kali lebih banyak dibanding dudukan toilet.


sumber: astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar