Selasa, 04 Mei 2010

Kemampuan Navigasi Wanita Lebih Hebat daripada Pria

PRIA mungkin pandai membaca peta, tapi ketika datang urusan mengingat rute, wanitalah rajanya. Bagaimana latar belakang sebenarnya?

Menurut penelitian, wanita dapat menjadi navigator yang lebih baik daripada pria jika mereka telah mengunjungi tempat itu sebelumnya. Para peneliti menegaskan, ini semua seperti kembali ke zaman Pleistocene—dimulai lebih dari 2,5 juta tahun lalu—ketika manusia menemukan rute berdasarkan keterampilan yang terasah berbeda antara tugas pemburu dan pengumpul.

Untuk menguji hipotesis mereka, para ilmuwan menggunakan penduduk sebuah desa di Meksiko. Sejumlah penduduk dilengkapi dengan sistem navigasi GPS (global positioning system) dan monitor denyut jantung saat mereka melakukan pekerjaan sehari-hari, yakni mengumpulkan jamur. Alat tersebut digunakan untuk melihat berapa banyak jamur yang berhasil dikumpulkan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan. Sistem GPS memetakan seluruh rute yang dilewati, sedangkan monitor denyut jantung memperlihatkan energi yang dikeluarkan selama melakukan pekerjaan.

Hasil yang akan diterbitkan dalam jurnal ilmiah Evolution and Human Behaviour ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam jumlah jamur yang berhasil dikumpulkan, tapi terdapat perbedaan kontras pada energi yang dikeluarkan masing-masing penduduk. Demikian menurut studi baru yang okezone lansir dari Times of India, Senin (3/5/2010).

Alasannya, pria mendaki bukit lebih tinggi, melakukan perjalanan lebih jauh dan menggunakan 70 persen energi lebih banyak daripada wanita. Sementara wanita, meski lebih banyak berhenti sepanjang aktivitas, tetapi sepertinya mereka tahu ke mana seharusnya mencari jamur.

Karena itu, para ilmuwan menekankan, temuan ini memperkuat gagasan bahwa keterampilan navigasi pria dan wanita telah berkembang secara berbeda.

Strategi pria sangat berguna untuk memburu mangsa hingga pria dikenal mahir menavigasi lewat peta mental/otaknya, kemudian membayangkan posisi mereka di atas peta tersebut. Sementara wanita, lebih hebat dalam mengingat rute saat menapaki jalan yang kerap mereka lewati untuk mencari sesuatu.

Pacheco Luis-Cobos, pemimpin penelitian di National Autonomous University of Mexico di Mexico City mengatakan, "Temuan ini menunjukkan bahwa wanita lebih baik dan lebih mudah menerapkan strategi pencarian yang tepat untuk menemukan gaya hidup mereka daripada pria."

sumber: okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar