Kamis, 27 Mei 2010

Tips Menawar Harga

Bisakah Anda menawar keringanan harga untuk kartu kredit atau pakaian label global dengan fixed priced? Bisa. Berikut cara bernegosiasi cerdas untuk mendapat harga lebih ringan dan fasilitas maksimal.

credit cardMendapat Potongan Bunga Kartu Kredit

Kita sudah terpaku dengan prestise kartu kredit sehingga tidak pernah terpikir bunga kartu kredit bisa dinegosiasikan. Simpel saja, karena Anda adalah aset yang berharga. Pihak yang mengeluarkan kartu kredit lebih baik menurunkan bunga daripada kehilangan Anda.

Persiapan

Mulai membuka jaringan dan berteman dengan mereka yang bekerja di kartu kredit. Informasi mengenai “celah” memanfaatkan lebih kartu kredit bisa anda dapatkan dari mereka.

Jika butuh cepat, kumpulkan saja informasi bank-bank yang mengeluarkan kartu kredit dengan beragam penawaran dan cari yang paling rendah bunganya. Gunakan ini sebagai penawaran pembuka Anda.

Bagaimana Bernegosiasi

Kumpulkan data pendukung bahwa anda layak mendapat keringanan, misalnya Anda nasabah setia, membayar tepat waktu, atau membayar diatas standar minimal.

Tanya mengenai kartu Anda dan katakan bunga yang dikenakan terlalu tinggi. Ajukan keringanan.

Pihak bank biasanya akan menolak diawal. Jangan menyerah, jelaskan kenapa Anda layak mendapat keringanan dengan membeberkan data pendukung tadi.

Dalam level ini pihak bank mulai mencair dan mengajukan tawaran pertama. Jika Anda belum puas dengan tawaran ini, Anda tawar lagi dengan fasilitas bunga yang lebih rendah dari bank lainnya.

Pihak bank akan menyerah. Mereka akan menurunkan lagi bunga kartu kredit Anda. Karena Anda adalah aset berharga. Lebih baik memberi penawaran khusus, daripada Anda pindah ke kompetitor.

Mendapat Diskon Pakaian

Jika Anda pelanggan setia satu toko pakaian, dan Anda dikenal baik oleh manajer toko, diskon khusus menjadi milik Anda sekalipun toko itu menetapkan fixed priced. Kuncinya adalah tidak membeli saat pakaian baru dirilis, dan sopan.

Persiapan

Cari pembanding untuk barang sejenis di toko lain. Jika harganya ada yang lebih murah, jadikan sebagai patokan menawar.

Kunjungi toko pada jam sepi, misalnya pagi hari atau hari kerja. Pastikan Anda bernegosiasi tidak terlihat oleh kerumunan orang.

Toko dengan Fixed Priced tidak mengizinkan karyawannya memperdebatkan masalah harga. Karena itu jaga hubungan dengan manajer toko dan datang langsung ke dia.

Cara Bernegosiasi

Tunjukkan barang yang Anda inginkan. Katakan barang sejenis ada di toko lain dan lebih murah, tapi Anda lebih senang belanja di toko ini. Tanyakan bisakah ia menyesuaikan harga?

Manajer toko akan mempertimbangkan untuk memberi diskon saat melihat barang sudah bukan most wanted item.

Jika diskon belum sesuai juga, gunakan cara “mencari-cari kesalahan”. Katakan ada noda disekitar pinggang atau jahitan tidak rapi, dan itu satu-satunya barang yang tersisa.

Ini trik lama. Manajer toko memang mengetahuinya. Tapi sekali lagi, Anda adalah aset berharga. Tidak ada salahnya memberi diskon khusus untuk pelanggan setianya.


sumber: astaga.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar